Fenomena Langka akan Muncul Bulan Kedua pada 29 September hingga 25 November 2024

Ilustrasi penampakan dua bulan.
Sumber :
  • Istimewa.

Teknodaily –  Fenomena langka akan terjadi dalam waktu dekat. Bumi, akan segera memiliki "bulan kedua", meskipun hanya untuk sementara. Bagaimana penjelasannya?

Tablet Ramah di Kantong Cuma Rp 1 Jutaan Buat Anak Belajar

Ya, berdasarkan sebuah studi terbaru, sebuah asteroid kecil akan menjadi "mini moon" yang mengorbit Bumi selama hampir dua bulan, mulai tanggal 29 September hingga 25 November 2024.

Melansir dari situs Patch, asteroid yang diberi nama 2024 PT5 ini ditemukan pada 7 Agustus menggunakan sistem Asteroid Terrestrial-impact Last Alert di Sutherland, Afrika Selatan. Menurut laporan yang dipublikasikan di jurnal Research Notes of the American Astronomical Society, asteroid tersebut berasal dari sabuk asteroid Arjuna, yang mengandung batuan antariksa dengan orbit mirip Bumi.

Download Sakura School Simulator Versi Terbaru di Android dan iOS

Bumi dan Bulan.

Photo :
  • Pixabay.

Carlos de la Fuente Marcos, seorang profesor di Universidad Complutense de Madrid dan penulis utama studi tersebut, menjelaskan bahwa 2024 PT5 akan mengelilingi Bumi untuk sementara sebelum kembali ke orbit di sekitar Matahari. Sabuk asteroid Arjuna, tempat asal asteroid ini, berada pada jarak rata-rata sekitar 93 juta mil dari Matahari.

Huawei Watch GT 5, Jam Mewah dengan Sistem Pelacakan Kesehatan Terbaru

Rupanya, peristiwa seperti ini bukanlah yang pertama terjadi di alam semesta. Mini moon pernah terjadi sebelumnya pada tahun 1981 dan 2022.

Objek yang mendekati Bumi dengan kecepatan rendah sering kali mengalami momen di mana energi geosentrik-nya menjadi negatif, sehingga menyebabkannya tertangkap oleh gravitasi Bumi selama beberapa waktu sebelum akhirnya melepaskan diri kembali ke angkasa.

Halaman Selanjutnya
img_title