Friday the 13th, Benarkah Hari Sial

Friday the 13th.
Sumber :
  • Istimewa.

TeknodailyHari ini tanggal 13 September 2024 jatuh pada Jumat. Hari Jumat tanggal 13 dikenal sebagai Friday the 13th juga dikenal dengan hari sial. Beberapa orang yang percaya, akan melakukan segala tindakan untuk mencegah diri sendiri dari kesialan.

Intip Spesifikasi Predator Orion 7000, Desktop Pro-player Seharga Rp 70 Juta

Lantas, apa itu Friday the 13th atau Jumat tanggal 13? Ada berbagai peristiwa bersejarah pada Friday the 13th atau hari Jumat tanggal 13 di masa silam.

Peristiwa tersebut lantas menjadi latar belakang dari keyakinan masyarakat, bahwa hari Jumat yang bertepatan dengan tanggal 13 merupakan hari sial.

Release 19 September, Realme 13 Pro Series 5G Hadirkan Teknologi Telefoto dan AI

Ketakutan akan Jumat tanggal 13 disebut dengan julukan paraskavedekatriaphobia atau triskaidekafobia, atau fobia terhadap angka 13 dan kelipatan bilangannya.

Mengutip situs Independent, Friday the 13th kerap ditakuti dan dihindari banyak orang. Namun, tidak jelas awalnya mengapa Jumat tanggal 13 sangat ditakuti orang-orang di seluruh dunia.

Kabar Buruk, Samsung Bakal PHK 30 Persen Karyawannya di Luar Negeri

Beberapa sejarawan percaya bahwa takhayul tersebut pertama kali muncul pada akhir abad ke-19, tepatnya ditemukan dalam biografi komposer Italia Gioachino Rossini, yang meninggal dunia pada Jumat, 13 November 1868.

Selain itu, ada juga yang percaya bahwa mitos tersebut berasal dari Alkitab. Disebutkan bahwa Yesus Kristus disalib pada hari Jumat dan ada 13 tamu di Perjamuan Terakhir, yakni malam hari sebelum penyaliban.

Halaman Selanjutnya
img_title