Pakai ChatGPT Buat Diagnosa Medis, Apakah Akurat?

ChatGPT-website AI untuk membuat CV, resume, atau tulisan
Sumber :
  • BlueSoft

Teknodaily –  ChatGPT, chatbot yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI), sering digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk mencari informasi medis.

Daftar Lengkap Harga Terkini iPhone 16, 15, 14, 13

Namun, hasil sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa menggunakan ChatGPT untuk diagnosa medis bisa jadi keputusan yang kurang bijak.

Sebab, akurasi ChatGPT dalam memberikan diagnosa medis hanya sekitar 49 persen, atau kurang dari setengahnya. Dengan kata lain, hampir separuh dari diagnosa yang diberikan oleh chatbot ini bisa saja salah.

Samsung Galaxy S25 Ultra Siap Gabung 'Klub Sultan' Bersama Apple iPhone 16

Para ilmuwan yang melakukan penelitian ini meminta ChatGPT, yang menggunakan model GPT 3.5, untuk menganalisis 150 kasus medis yang diambil dari situs medis terkemuka, Medscape.

ChatGPT.

Photo :
  • ChatGPT.
Friday the 13th, Benarkah Hari Sial

Hasilnya cukup mengecewakan, di mana ChatGPT hanya mampu memberikan diagnosa yang benar pada kurang dari setengah kasus. Ini tentu saja jauh dari kata memuaskan, apalagi jika menyangkut kesehatan seseorang.

Meski teknologi AI ini pernah dinyatakan lulus dalam Ujian Lisensi Medis Amerika Serikat (USMLE), para peneliti memperingatkan agar tidak terlalu mengandalkan chatbot ini untuk kasus medis yang rumit.

Halaman Selanjutnya
img_title