Belum Tahu Cara Update iOS 16? Begini Caranya!

Cara Update iOS 16
Cara Update iOS 16
Sumber :
  • Pixabay

Teknodaily – iOS 16 dikonfirmasi akan dirilis pada Senin (12/9/2022) waktu Amerika Serikat dengan beragam fitur terbarunya.

Itu berarti, update sistem operasi terbaru dari iPhone tersebut baru bisa dilakukan di Indonesia pada Selasa, (13/9/2022),

Untuk kamu yang belum mengetahui bagaimana cara melakukan update iOS dari versi sebelumnya menjadi versi terbaru, berikut ini kami telah merangkum bagaimana cara untuk melakukan pembaruan tersebut.

Kamu bisa melakukan dengan dua cara, yaitu melakukan update melalui OTA, atau melalui iTunes. Dan untuk lengkapnya, kamu bisa mengikuti cara di bawah ini:

Cara Update iOS 16 Melalui OTA

1. Masuk ke fitur “Pengaturan”.

2. Setelah klik “Pengaturan”, kamu akan menemukan opsi pilihan “Umum”. Jika sudah ketemu, pilih opsi tersebut.

3. Setelah itu pilih opsi "Pembaruan Perangkat Lunak".

4. Jika sudah, kamu akan menemukan opsi bertuliskan “Unduh dan Install”.

5.Klik “Unduh dan Install” untuk bisa melakukan pembaruan menjadi iOS 16.

6. Tunggu beberapa saat ketika iOS 16 sedang diunduh.

7. Saat sedang mengunduh iOS 16, pastikan perangkatmu ada di dalam jaringan koneksi internet yang kuat, ya?

8. Setelah proses pengundungan iOS 16 selesai, kamu akan diminta untuk menginstal sistem operasi terbaru dari iPhone tersebut.

9. Tak perlu menunggu lama, kamu tinggal menginstall saja iOS 16 yang sudah kamu unduh.

10. Biasanya, untuk proses penginstallan sendiri, kamu harus menunggu selama 30 menit.

11. Pastikan iPhonemu jangan sampai mati atau kehabisan daya. Ada baiknya, sebelum menginstall iOS 16, baterai iPhonemu masih banyak. Lebih baik tidak kurang dari 50%.

12. Tunggu saja sampai proses installnya selesai. Hingga nantinya, iOS 16 pun akan secara otomatis bisa diperasikan pada perangkat iPhonemu.  

Cara Update iOS 16 Melalui iTunes

1. Untuk kamu yang tidak menggunakan perangkat Mac, ada baiknya ketika ingin memperbaharui iOSmu menjadi iOS 16, perangkat laptop atau komputermu harus sudah terinstall iTunes versi terbaru.

2. Setelah dipastikan sudah ada iTunes di perangkat laptop atau komputermu, sambungkan iPhone ke port USB desktop menggunakan kabel Lightning.

3. Jika iPhonemu sudah tersambung, akan muncul notifikasi di layar iPhonemu, untuk memverifikasi bahwa perangkat komputer yang kamu gunakan adalah perangkat terpecaya.

4. Setelah itu, iTunes biasanya akan secara otomatis terbuka dan melakukan sinkronisasi dengan iPhone.

5. Saat sinkronisasi telah selesai, klik ikon ponsel yang berada di bagian atas aplikasi untuk mengakses menu pengaturan iPhone di iTunes, lalu klik opsi "Summary".

6. Setelah kamu melakukan proses tersebut, selanjutnya akan muncul seluruh informasi dari iPhone yang ada di iPhonemu. Mulai dari seri iPhone yang kamu gunakan, nomor model, dan masih banyak lagi.

7. Pilih opsi "Update" yang ada di opsi "Summary".

8. Setelah itu iTunes akan memulai proses pengunduhan data sistem operasi, yaitu iOS 16.

9. Sama seperti ketika kamu melakukan pembaruan melalui OTA. Saat proses pengunduhan dan install, perangkatmu harus tersambung dengan jaringan internet yang bagus

10. Selama proses penginstalan data, iPhone akan memuat ulang dan jangan sampai melepaskan iPhone dari perangkat komputermu.

11. Tunggu beberapa saat hingga iPhone menyala dan berhasil masuk ke layar utama.

Bagaimana, mudah bukan? Kamu bisa langsung mencoba kedua cara ini ketika update ke iOS 16.