Persiapkan Beberapa Hal Ini Sebelum Kamu Update ke iOS 16!

iOS 16
iOS 16
Sumber :
  • Pixabay

Teknodaily –  Para pengguna iPhone saat ini sudah bisa menjajal beberapa inovasi yang dimiliki oleh iOS 16. Sebab, sistem operasi ini telah resmi dirilis oleh Apple pada Senin, (12/9/2022) kemarin.

Beberapa inovasi tersebut di antaranya seperti adanya fitur persentase baterai, pengaturan tampilan secara mandiri pada layar kunci, dapat menghapus atau mengganti background foto tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga, dan masih banyak lainnya.

Tapi, seperti yang kita tahu, tidak semua perangkat iPhone bisa menikmati iOS 16.

Seperti yang sempat kami informasikan sebelumnya, bahwa iOS 16 hanya bisa digunakan mulai dari iPhone 8 hingga rilisan-rilisan iPhone terbaru.

Jika perangkat iPhonemu masih bisa menjajal kehebatan dari iOS 16 ini, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan dan kamu ingat sebelum melakukan pembaruan. Beberapa hal itu di antaranya seperti:

1. Apple ID dan Password

Untuk bisa melakukan pembaruan ke iOS 16, kamu harus tahu betul Apple ID beserta password atau kata sandi dari perangkat iPhonemu.

Sebab, jika kamu tidak tahu dan tidak mengingat kedua hal ini, pembaruan iOS dari versi lama ke iOS 16 tidak akan bisa dilakukan.

Jika kamu sulit untuk mengingat, lebih baik kamu mencatat Apple ID dan passwordnya di buku catatan atau yang lainnya. Agar nanti ketika dibutuhkan seperti ketika kamu hendak melakukan pembaruan sistem operasi, kamu tidak panik.

Apple ID beserta passwordnya sendiri tidak hanya dibutuhkan ketika harus melakukan pembaruan iOS, namun juga berguna ketika kamu ingin mengunduh suatu aplikasi tertentu di App Store.

2. Passcode

Tidak hanya iPhone, hampir seluruh perangkat smartphone saat ini telah dilengkapi dengan fitur passcode.

Fitur ini sendiri merupakan salah satu pengaman pada ponsel, agar perangkat tersebut bisa tetap aman dan tidak disalah gunakan oleh pihak-pihak tertentu yang ingin mengakses hal-hal apa saja yang ada di dalam smartphone seseorang.

Untuk melakukan pembaruan ke iOS 16 sendiri, kamu jangan sampai lupa pada passcode pada perangkat iPhonemu.

Sebab, ketika melakukan pembaruan tersebut, kamu akan diminta untuk memasukkan passcode yang biasanya kodenya digunakan pada kunci dari layar ponselmu.

Jadi, jangan sampai lupa passcode iPhonemu, ya?

3. Backup ke iCloud

Saat melakukan pembaruan, resiko data-data hilang ketika penginstallan bisa saja terjadi.

Jadi, sebelum kamu melakukan pembaruan ke iOS 16, ada baiknya kamu membackup data-data yang ada di perangkat iPhonemu ke iCloud.

4. Terhubung ke Wi-Fi dan Charger

Untuk melakukan pembaruan ke sistem operasi terbaru bagi iPhone, untuk semua versi iOS, ada baiknya kamu terhubung pada jaringan Wi-Fi.

Sebab, ketika melakukan pembaruan ini, kamu harus terkoneksi pada jaringan internet yang stabil.

Selain itu, perangkat iPhonemu pun lebih baik terhubung dengan charger.

Sebab saat melakukan pembaruan ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Jangan sampai ketika kamu sedang  melakukan update, perangkatmu malah mati karena kehabisan daya. Buang-buang waktu dong jadinya.

Ya, itulah beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum melakukan permbaruan ke iOS 16. Walau terlihat sederhana, namun hal-hal di atas akan sangat menghambat jika kamu lupakan begitu saja. Selamat mencoba!