5+ Penyebab RAM Tidak Terbaca, Nggak Hanya Rusak

Penyebab RAM tidak terbaca oleh Windows
Sumber :
  • Super User

TeknodailyRAM adalah salah satu komponen penting sebagai dapur pacu PC atau laptop. Tapi kalau RAM tidak terdeteksi dengan baik, performa perangkat bisa turun atau bahkan perangkat tidak menyala. Karena itulah, kamu harus tahu penyebab RAM tidak terbaca agar terhindar dari hal-hal tidak diinginkan. 

Bocoran Spek Samsung Galaxy Tab S10+ Beredar

Windows seharusnya bisa membaca memori yang sudah terpasang dan kapasitasnya dapat bertambah. Berbeda jika RAM baru ditambah tapi tidak terbaca, mungkin ada masalah yang terjadi. Jangan panik dulu, berikut beberapa kemungkinan penyebab RAM tidak terdeteksi oleh laptop atau PC.

Menggunakan Windows 32-bit

Penyebab RAM tidak terbaca yang jarang disadari yaitu karena menggunakan Windows 32 bit. Sebagai informasi, versi 32 bit mempunyai keterbatasan kapasitas memori yang lebih rendah daripada 64 bit.

Spesifikasi Snapdragon 6 Gen 3 yang Baru Rilis

Jumlah maksimal untuk RAM yang terpasang pada Windows 32 bit hanya 4GB saja. Jadi, jika kamu tetap menambah RAM baru, pastinya perangkat tidak akan mendeteksiny. Karena itulah, pastikan terlebih dahulu versi Windows apa yang kamu gunakan sebelum upgrade memori. 

Untuk mengeceknya, buka System dengan klik kanan pada logo Windows. Nanti akan keluar tampilan informasi sistem Windows yang terinstal. Cek dibagian System Type untuk melihat versi berapa yang terpasang.

Versi Windows Membatasi Jumlah RAM

Halaman Selanjutnya
img_title
Ini Spesifikasi Redmi 14C, Segera Rilis di Vietnam