Layar IPS vs AMOLED pada HP Game, Mana Lebih Baik?

Realme 13 4G, layar 6,67 inci AMOLED nyaman untuk bermain game
Sumber :
  • Blibli

Teknodaily – Ketika memilih smartphone untuk bermain game, kualitas layar menjadi salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan. Dua jenis layar yang paling umum digunakan pada HP adalah IPS (In-Plane Switching) dan AMOLED (Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode). 

Daftar Harga HP Samsung Mulai dari Termahal Galaxy Z Fold 6 Sampai Termurah A05

Keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, terutama dalam hal kenyamanan visual, responsivitas, dan efisiensi daya. Namun, layar mana yang sebenarnya lebih baik untuk pengalaman gaming? Berikut ini Tekno Daily mengupas perbandingan antara layar IPS dan AMOLED dalam konteks gaming di smartphone.

Tingkat Kecerahan dan Warna

Salah satu perbedaan terbesar antara layar IPS dan AMOLED adalah cara keduanya menampilkan warna dan tingkat kecerahan.

Kenapa HP Samsung Terkadang Kena "Light Saber"?

Layar IPS dikenal dengan reproduksi warna yang akurat dan konsisten dari berbagai sudut pandang. Warna yang ditampilkan pada layar IPS cenderung lebih alami dan tidak terlalu "ngejreng". Untuk game yang membutuhkan detail grafis seperti game strategi atau simulasi, layar IPS bisa memberikan warna yang lebih realistis. Selain itu, layar IPS juga memiliki kecerahan yang tinggi, sehingga tetap nyaman dilihat di bawah sinar matahari langsung.

AMOLED dikenal dengan kontras yang sangat tinggi karena teknologi ini memungkinkan setiap piksel untuk menghasilkan cahayanya sendiri. Hitam pada layar AMOLED benar-benar gelap karena piksel hitam tidak aktif. Warna pada layar AMOLED juga lebih hidup dan mencolok, memberikan efek visual yang sangat menarik, terutama untuk game dengan grafis yang berwarna-warni, seperti RPG atau game petualangan. Namun, warna pada AMOLED terkadang terlihat sedikit lebih berlebihan atau tidak akurat.

Kecepatan Refresh dan Responsivitas

Halaman Selanjutnya
img_title
Jenis-jenis Kostum Unik SAKURA School Simulator APK Mod V1.029.4