Muncul Fenomena 'Brain Drain', Lalu Apa yang Perlu Dilakukan?

Brain Drain.
Sumber :
  • EDUCBA.

Teknodaily – Belakangan ini, fenomena "brain drain" semakin menjadi topik hangat dalam diskusi tenaga kerja global. Istilah ini merujuk pada perpindahan tenaga kerja terampil dari satu daerah ke daerah lain atau lebih seringnya dari suatu negara ke negara lain untuk mencari peluang karier yang lebih baik atau standar hidup yang lebih tinggi.

Review Spesifikasi Laptop Acer TravelMate P6 14 AI

Biasanya, para profesional seperti dokter, ilmuwan, insinyur, dan tenaga kesehatan yang terlibat dalam fenomena ini. Dampak dari "brain drain" bisa sangat merugikan, terutama ketika negara asal kehilangan tenaga ahli yang penting bagi perkembangan industrinya, sehingga pertumbuhan ekonomi pun terhambat.

Menurut data dari The Global Economy Human Flight Brain Drain Index, Indonesia menempati posisi keempat di Asia Tenggara dalam hal migrasi individu berketerampilan tinggi antara tahun 2007 hingga 2023. Laporan "Decoding Global Talent 2024: Tren Mobilitas Pekerja" oleh Jobstreet by SEEK mengungkapkan bahwa banyak profesional Indonesia mencari peluang karir yang lebih baik di luar negeri, dengan Australia, Jepang, dan Singapura sebagai tujuan utama mereka.

Apple Watch Series 10 Bakal Dilengkapi Pendeteksi Gangguan Pernafasan Saat Tidur

Alasan utama di balik migrasi ini adalah kesempatan kerja yang lebih baik, kualitas hidup yang lebih tinggi, dan pendapatan yang lebih besar.

Dampak negatif dari "brain drain" sangat terasa di berbagai sektor. Kekurangan tenaga ahli terampil dapat memperburuk struktur ketenagakerjaan, menghambat kemajuan industri, dan pada akhirnya, menghalangi pertumbuhan ekonomi.

Termurah, Harga iPhone 11 Mulai Rp2 Jutaan

Fenomena ini juga bisa menggagalkan tujuan jangka panjang Indonesia, seperti visi Indonesia Emas 2045, melansir VIVA.co.id.

Keterbatasan lapangan kerja yang memadai serta kualitas pekerjaan yang tidak memadai mendorong para talenta terbaik untuk mencari peluang di luar negeri.

Halaman Selanjutnya
img_title