Arkeolog Temukan Tablet Purba, Isinya Mencengangkan

Ilmuwan temukan tablet kuno.
Sumber :
  • Twitter/MehmetNuriErsoy.

Teknodaily – Para arkeolog menemukan sebuah tablet purba di Turki selatan yang diduga merupakan salah satu kuitansi penjualan tertua di dunia.

Review Spesifikasi Laptop Acer TravelMate P6 14 AI

Tablet Cuneiform yang ditulis dalam aksara paku ini diperkirakan berasal dari abad ke-15 SM dan mencatat transaksi pembelian furnitur kayu dalam jumlah besar. Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Turki, Mehmet Ersoy, mengumumkan penemuan ini, menjelaskan bahwa para peneliti menemukan artefak ini di Eski Alalah, sebuah situs kuno di Provinsi Hatay.

Situs ini juga dikenal sebagai Gundukan Aççana dan terletak di kota tua Alalah. Penemuan tablet ini terjadi secara tak sengaja saat para pekerja melakukan restorasi setelah gempa Bumi.

Apple Watch Series 10 Bakal Dilengkapi Pendeteksi Gangguan Pernafasan Saat Tidur

Aksara paku yang merupakan salah satu sistem tulisan tertua di dunia, telah digunakan sejak sekitar 5.500 tahun yang lalu di Mesopotamia kuno. Teknik ini melibatkan penggunaan stilus dari buluh untuk mencetak simbol-simbol ke dalam tanah liat. Sistem ini diadopsi oleh berbagai budaya seperti Babilonia, Asyur, dan Sumeria, yang masing-masing memiliki bahasa unik.

Tablet yang baru ditemukan ini ditulis dalam bahasa Akkadia, yang dulu digunakan sebagai bahasa umum di Kekaisaran Akkadia, kekaisaran tertua di dunia.

Termurah, Harga iPhone 11 Mulai Rp2 Jutaan

Kekaisaran ini berpusat di sekitar Sungai Efrat dan memiliki dialek yang sekarang sudah punah, namun merupakan yang tertua dari bahasa-bahasa Semitik seperti Ibrani dan Arab.

Tablet Kuno.

Photo :
  • Republic of Türkiye Ministry of Culture and Tourism.
Halaman Selanjutnya
img_title