Kuota Internet Gampang Habis? Kurangi Aktivitasmu di Lima Aplikasi Ini

kuota internet cepat habis
kuota internet cepat habis
Sumber :
  • Pixabay

TeknodailyKuota internet dalam beberapa tahun terakhir ini telah menjadi salah satu kebutuhan penting yang harus dimiliki oleh banyak masyarakat di dunia.

Bagaimana tidak, segala hal yang dulunya hanya bisa dilakukan secara tatap muka atau offline, kini sudah bisa diwakilkan melalui dunia maya.

Beberapa contohnya adalah seperti kegiatan belajar mengajar, belanja, berekspresi, menonton film, mendengarkan musik dan masih banyak lagi.

Hal-hal tersebut bisa dilakukan hanya dalam satu genggaman saja, dan selalu memerlukan kuota internet untuk bisa mengaksesnya.

Satu sisi kemajuan teknologi melalui internet ini sangat membantu aktivitas masyarakat. Namun di sisi lain, jika tidak tahu batasnya, hal tersebut bisa menjadi mala petaka.

Contohnya saja ketika seseorang tidak tahu batas dalam bermedia sosial. Selain memberikan dampak negatif yang disebabkan oleh hal tersebut, tidak memberikan batasan dalam bermedia sosial pun mampu menghabiskan kuota internet dengan sangat cepat.

Banyak kejadian di luar sana di mana masyarakat jadi lebih sering membeli kuota internet karena tidak pernah membatasi aktivitasnya di dunia maya.

Melansir laman Bisnis.com, di sini kami memiliki beberapa informasi mengenai 5 aplikasi yang mampu menghabiskan kuota internet dengan sangat cepat. Selengkapnya ada di bawah ini:

Instagram

Aplikasi yang saat ini telah diakusisi oleh Meta, perusahaan besutan Mark Zuckerberg tersebut memang sudah lama dikenal sebagai aplikasi yang mampu menghabiskan banyak kuota internet dalam waktu yang cepat.

Bagaimana tidak, Instagram yang di dalamnya didominasi oleh gambar, video dan juga musik tentunya akan lebih membutuhkan lebih banyak kuota internet.

Dari beberapa fakta menyebutkan, bahwa Instagram mampu menghabiskan 60 MB per lima menit, dan bisa menyedot kuota internet sebesar 720 MB per jamnya.

Youtube

Sama halnya seperti Instagram, YouTube pun sudah pasti menjadi aplikasi yang mampu menyedot banyak sekali kuota internet. Walau begitu, aplikasi untuk menonton tayangan video ini masih di bawah Instagram, yang mana YouTube mampu menghabiskan 300 MB per jamnya.

Netflix

Sama halnya seperti YouTube, Netflix merupakan aplikasi dunia maya yang fungsinya adalah untuk menonton tayangan video.

Namun aplikasi ini lebih memfokuskan diri untuk merilis tayangan-tayangan film saja.

Karena sifatnya menyajikan tayangan multimedia seperti video, gambar dan musik, pastinya Netflix mampu menghabiskan banyak kuota internet.

Netflix mampu menghabiskan 250 MB per jam untuk kualitas video rendah, 500 MB per jam untuk kualitas video sedang, dan 1 GB untuk kualitas video dengan resolusi tinggi.

Spotify

Spotify merupakan layanan mendengar lagu online yang saat ini banyak sekali digunakan oleh masyarakat dunia.

Masyarakat tidak lagi perlu membeli rilisan fisik jika ingin mendengarkan lagu dari musisi idolanya. Cukup mengaksesnya di gawai, mereka bisa langsung mendengarkan musik.

Namun tahukah kamu, aplikasi ini ternyata mampu menghabiskan cukup besar kuota internet.

Dari beberapa informasi menyebutkan, Spotify mampu menghabiskan kuota internet sebesar 150 MB per jam.

Facebook

Satu lagi aplikasi besutan Meta yaitu Facebook, adalah aplikasi yang mampu menghabiskan banyak kuota internet.

Aplikasi media sosial yang telah digunakan oleh jutaan masyarakat dunia ini disebut-sebut mampu menghabiskan 80 MB per jam untuk browsing, dan 160 MB per jam untuk menyaksikan video di sana.

Jika kamu ingin kuota internetmu lebih hemat, ada baiknya untuk mengurangi aktivitas di lima aplikasi di atas, ya?