Mana yang Terbaik untuk Kulit Kering, Body Lotion atau Body Oil?

Ilustrasi pelembap.
Sumber :
  • Freepik.

Teknodaily – Para ahli dan dokter kulit mengatakan penting untuk memilih body lotion atau body oil untuk mencapai kelembaban kulit yang optimal.

Mariana Yunita Mendobrak Keheningan Edukasi Kesehatan Reproduksi di NTT

Ditulis laman In Style, dokter kulit bersertifikat David Kim, MD, merekomendasikan minyak tubuh (body oil) untuk mereka yang memiliki kulit kering dan losion serta krim tubuh untuk jenis kulit normal.

“Kedua formula tersebut menawarkan banyak manfaat hidrasi, mengunci kelembapan, dan memberikan bahan hidrasi seperti ceramide dan asam lemak ke kulit," tambahnya.

Rekomendasi 5 Smartphone High End dengan Kamera Premium Setara DSLR

Dendy Engelman , MD, dokter kulit kosmetik bersertifikat dan ahli bedah Mohs di Shafer Clinic di New York mengatakan minyak tubuh merupakan pilihan yang lebih baik dalam cuaca dingin saat udara tidak terlalu lembap karena teksturnya yang lebih berat membuatnya lebih efektif untuk menjaga kelembapan dalam jangka panjang dan melindungi dari kehilangan air transepidermal.

Ini karena body oil memiliki tekstur lebih kental sehingga lebih cocok untuk kulit yang sangat kering.

Realme GT 7 Pro, HP Fotografi dengan AI Gaming

Sementara losion tubuh lebih disukai saat musim panas karena teksturnya cenderung ringan dan tidak terlalu oklusif. Losion tubuh sebagian besar terbuat dari bahan-bahan yang bersifat emolien, tetapi banyak juga yang mengandung bahan-bahan oklusif (seperti minyak). 

“Menggunakan body lotion secara teratur juga dapat membantu memperbaiki tekstur kulit. Body lotion yang bagus akan membantu mengatasi kulit kasar atau bersisik sehingga terasa lebih halus dan lebih kenyal,” kata Ahli kecantikan Erica Marie Gatt.

Halaman Selanjutnya
img_title