Tablet Kuno Berusia 4.000 Tahun Ini Ternyata Berisi Ramalan Masa Depan

Tablet Kuno.
Sumber :
  • The Trustees of the British Museum.

Teknodaily – Para peneliti baru-baru ini berhasil menguraikan tulisan yang terpampang di tablet kuno berusia 4.000 tahun yang ditemukan lebih dari seabad lalu di wilayah yang kini dikenal sebagai Irak.

Cara Download dan Install Sakura School Simulator Versi Terbaru 2024

Tablet tersebut mengungkapkan bahwa pada zaman dahulu, beberapa gerhana Bulan dianggap sebagai pertanda kematian, kehancuran, dan wabah penyakit.

Penemuan ini menjadi salah satu contoh paling awal dari upaya manusia untuk meramal masa depan dengan mengamati langit.

Daftar Lengkap Harga Terkini iPhone 16, 15, 14, 13

Dalam tulisan yang diterbitkan di Journal of Cuneiform Studies, Andrew George, seorang profesor emeritus di Universitas London, dan Junko Taniguchi, seorang peneliti independen, menjelaskan bahwa keempat tablet tanah liat ini adalah kumpulan prediksi tentang gerhana Bulan yang digunakan untuk meramal nasib suatu wilayah atau pemimpin.

Ilmuwan temukan tablet kuno.

Photo :
  • Twitter/MehmetNuriErsoy.
Samsung Galaxy S25 Ultra Siap Gabung 'Klub Sultan' Bersama Apple iPhone 16

Para penulis tablet kuno ini menggunakan berbagai aspek gerhana, seperti waktu terjadinya, pergerakan bayangan, serta tanggal dan durasinya, untuk meramalkan peristiwa yang akan datang, seperti dilansir dari Live Science dikutip VIVA.

Misalnya, salah satu ramalan menyebutkan bahwa jika "sebuah gerhana tiba-tiba menjadi gelap dari pusatnya dan kembali terang seketika, maka seorang raja akan mati dan Elam akan hancur."

Halaman Selanjutnya
img_title