Bulan Agustus Ini, Planet Venus Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang

Planet Venus.
Sumber :
  • NASA.

Teknodaily – Memasuki bulan Agustus, Planet Venus berada di posisi yang dekat dengan bumi. Saat ini Venus dapat dilihat di langit barat laut, meskipun posisinya sangat rendah di cakrawala setelah Matahari terbenam.

Cara Download dan Install Sakura School Simulator Versi Terbaru 2024

Pada 4 Juni 2024, Venus melewati konjungsi superior, yaitu ketika planet ini tampak berada tepat di belakang Matahari dari Bumi.

Awalnya, Venus tersembunyi dalam kilauan matahari yang cerah. Namun, seiring berjalannya waktu, Venus mulai bergerak perlahan ke arah timur, menjauh dari Matahari.

Daftar Lengkap Harga Terkini iPhone 16, 15, 14, 13

Memasuki Agustus, penampakan Venus akan menjadi lebih jelas dalam beberapa hari dan minggu mendatang. Venus mulai muncul dari cahaya Matahari terbenam dan kembali menjadi Bintang Sore yang cemerlang, seperti dilansir dari Space, dilansir VIVA.co.id.

Ini adalah kesempatan yang belum pernah ada sejak sekitar setahun lalu. Anda bisa mencoba melihatnya dengan menggunakan teropong beberapa menit setelah matahari terbenam di langit barat.

Samsung Galaxy S25 Ultra Siap Gabung 'Klub Sultan' Bersama Apple iPhone 16

Venus akan berada sekitar 9 derajat di atas cakrawala saat Matahari terbenam, dan akan mencapai cakrawala sekitar 50 menit setelah Matahari terbenam. Artinya, memberikan waktu yang cukup bagi pengamat langit pemula untuk mendapatkan pandangan yang baik.

Selama Agustus pula, Venus akan terbenam di tengah waktu senja. Cobalah untuk mencarinya dengan teropong segera setelah Matahari terbenam, dan dengan mata telanjang sekitar 20 hingga 30 menit kemudian, tergantung pada kondisi langit dan area sekitar Anda.

Halaman Selanjutnya
img_title