Terlihat Tenang, Danau Ini Ternyata Bom Waktu yang Dapat Meledak Tanpa Peringatan

Danau Kivu di Rwanda, Afrika.
Sumber :
  • Rwanda Safaris.

Teknodaily –Sebuah danau besar di Afrika, Danau Kivu, menyimpan ancaman berbahaya yang bisa meledak sewaktu-waktu. Terletak di perbatasan antara Rwanda dan Kongo, danau ini mengandung gas karbondioksida (CO2) dan metana dalam jumlah yang sangat besar di kedalamannya.

Cara Download dan Install Sakura School Simulator Versi Terbaru 2024

Kondisi ini menjadikannya sebagai "bom waktu" yang dapat meledak tanpa peringatan. Danau Kivu merupakan salah satu Danau Besar Afrika yang terletak di Patahan Afrika Timur, sebuah area di mana lempeng tektonik bergerak dan menyebabkan aktivitas vulkanik.

Proses ini memaksa gas dari dalam kerak bumi naik ke danau dan terjebak di kedalaman. Danau ini memiliki struktur yang unik dengan lapisan atas air yang bercampur secara teratur, sementara lapisan bawah tetap stagnan dan menyimpan gas berbahaya.

Daftar Lengkap Harga Terkini iPhone 16, 15, 14, 13

Melansir VIVA.co.id dari Live Science, di dasar Danau Kivu, terdapat sekitar 72 mil kubik (300 kilometer kubik) karbon dioksida dan 14 mil kubik (60 kilometer kubik) metana, ditambah dengan gas hidrogen sulfida, seperti dilansir dari Live Science.

Jika campuran gas ini mencapai titik jenuh, ada kemungkinan besar bahwa danau ini bisa meledak. Ledakan ini akan mengeluarkan awan gas berbahaya yang bisa membunuh dalam hitungan menit.

Samsung Galaxy S25 Ultra Siap Gabung 'Klub Sultan' Bersama Apple iPhone 16

Beberapa faktor bisa memicu ledakan, termasuk aktivitas seismik seperti gempa bumi atau intrusi lava yang mengaduk lapisan gas di danau. Selain itu, upaya untuk mengekstrak metana dari danau juga berisiko.

{{ photo_id=947 }}

Halaman Selanjutnya
img_title