Intel Singkirkan Pentium dan Celeron. Wah, Kenapa?

Intel Singkirkan Pentium dan Celeron
Intel Singkirkan Pentium dan Celeron
Sumber :
  • Pixabay

Teknodaily – Para pengguna komputer di suluruh dunia mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah Pentium dan Celeron.

Kedua hal tersebut merupakan nama dari processor keluran intel, yang mana biasanya komponen tersebut diperuntukan bagi komputer kelas low-end.

Perangkat komputer atau laptop yang menggunakan Pentium atau Celeron, selalu dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Ya, namanya juga low-end, ya?

Dan baru-baru ini, ada kabar terbaru bagi kedua processor tersebut.

Vice President and Interim General Manager of Mobile Client Platforms Intel, Josh Newman mengabarkan, bahwa nama Pentium dan Celeron pada tahun 2023 mendatang tidak lagi digunakan oleh pihaknya.

Sebagai gantinya, komponen yang dikeluarkan intel dengan spesifikasi sekelas, akan diganti dengan nama Processor Intel.

Processor Intel sendiri merupakan processor yang dibuat untuk memenuhi pasar yang selama ini diisi oleh Pentium dan Celeron.

Walau diciptakan untuk kelas yang sama dengan Pentium dan Celeron, Processor Intel disebut-sebut telah mengalami beragam inovasi terbaru yang akan menguntungkan dan memberikan manfaat kepada penggunanya.

"Branding Processor Intel yang baru akan menyederhanakan penawaran kami sehingga pengguna dapat fokus dalam memilih processor yang tepat untuk kebutuhan mereka," ujar Newman, dikutip dari blog resmi Intel, Minggu (18/9/2022), dilansir dari laman suara.com.

Lanjutnya, pembaruan nama tersebut bertujuan untuk merampingkan penawaran merek di seluruh segmen PC, dalam rangka mengaktifkan dan meningkatkan komunikasi pelanggan intel pada proposisi nilai setiap produknya.

Selain itu, dalam waktu ke depan pihaknya akan terus mempertajam fokus pada merek Intel Core, Intel vPro dan Intel Evo.

Jadi, buat kamu yang masih tertarik untuk menggunakan processor Pentium dan Celeron, kamu jangan khawatir, ya? Karena intel sudah menyiapkan gantinya buatmu.