Mengenal Apa Itu JavaScript, Fungsi, Kelebihan, Dan Kekurangannya

Mengenal Apa Itu JavaScript Lebih Dalam Beserta Fungsi
Sumber :
  • Reddit

Teknodaily – Kalau kamu sudah terbiasa dengan dunia pemrograman, pasti tidak asing lagi dengan JavaScript. Termasuk bahasa pemrograman penting untuk membuat website lebih dinamis dan interaktif. 

Perbedaan AI dan Machine Learning, Kamu Harus Tahu

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam apa itu JavaScript, termasuk sejarah, fungsinya, sekaligus kelebihan dan kekurangannya. 

Sejarah JavaScript 

Menurut halaman W3Schools, JavaScript diciptakan pada tahun 1995 oleh Brendan Eich untuk Netscape, bahasa pemrograman awal yang mirip Java untuk penggunaan browser. Selama 10 hari, Eich kemudian mengkombinasikan fitur Java, Scheme, serta Self, dan terciptalah Mocha (client-side dan server-side). Tidak lama setelah itu, Mocha berganti nama lagi menjadi LiveScript dan LiveWire. 

7 Bahasa Pemrograman Populer yang Harus Dikuasai Programmer

Netscape bekerja sama dengan Sun Microsystems, lalu mengeluarkan LiveScript sebagai JavaScript di Navigator 2. Seiring waktu, JavaScript 1.0 semakin sukses diikuti pengembangan versi 1.1 di Navigator 3. 

Beberapa bulan kemudian, perusahaan Microsoft memperkenalkan JScript di Internet Explorer 3. Pasalnya, merek dagang JavaScript ternyata sudah dimiliki Sun dan Netscape. Meski sekilas mirip, JScript mempunyai fitur tambahan sehingga tidak sepenuhnya dapat kompatibel dengan bahasa pemrograman JavaScript.

Apa Itu CSS, Mengenal Cara Kerja dan Contohnya dalam Desain Web

Halaman Selanjutnya
img_title