Kapasitas Daya IT Pusat Data di Asia/Pasifik Diprediksi Capai 94,4 Gigawatt pada 2028

Data IT Power Capacity pada 2023-2028.
Sumber :
  • IDC

Teknodaily – Laporan terbaru dari IDC "Asia/Pacific (Excluding Japan) Datacenter Deployment Model and Spend Forecast, 2024–2028," memprediksi bahwa kapasitas daya IT yang terpasang di pusat data Asia/Pasifik akan tumbuh dengan CAGR lima tahun sebesar 14,2% dan mencapai 94,4GW pada tahun 2028. Pengeluaran untuk kapasitas daya IT pusat data di Asia/Pasifik* meningkat sebesar 9,6% dari tahun ke tahun (YoY). 

Terbaru ChatGPT Mod Apk (Unlocked Pro) Versi 4.4.1.2

IDC memperkirakan tingkat pertumbuhan pasar akan meningkat dua kali lipat menjadi 18,3% pada tahun 2024, terutama karena munculnya banyak pusat data hyperscale yang dihasilkan dari permintaan yang kuat akan infrastruktur IT. 

Lonjakan ini sebagian besar didorong oleh upaya modernisasi infrastruktur di seluruh kawasan dan ledakan AI, yang berkontribusi pada berkembangnya industri pusat data.

Release 19 September, Realme 13 Pro Series 5G Hadirkan Teknologi Telefoto dan AI

“Transformasi digital dan GenAI sedang mengubah pusat data, mendorong pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan kemajuan teknologi di kawasan Asia/Pasifik. Undang-undang lokalisasi data menyebabkan perusahaan-perusahaan mengevaluasi kembali di mana mereka menempatkan dan bagaimana mereka memproses beban kerja mereka untuk memastikan infrastruktur IT mereka mematuhi peraturan yang berkembang pesat dan tidak seragam di kawasan ini,” jelas Mikhail Jaura, Senior Research Analyst, Datacenter Research, IDC Asia/Pasifik.

Dalam laporan IDC menyoroti pertumbuhan signifikan yang didorong oleh transformasi digital dan Generative AI, dengan peningkatan kapasitas pusat data yang diproyeksikan untuk memenuhi permintaan layanan cloud dan aplikasi AI, membuka jalan bagi pusat data generasi berikutnya. 

Review iPhone 16 Pro dan iphone 16 Pro Max yang Dilengkapi dengan Apple Intelligence

Namun, tantangan seperti kelangkaan daya dan gangguan rantai pasokan menjadi penghambat pertumbuhan ini. Perkembangan kunci meliputi adopsi platform Blackwell dari Nvidia dan teknologi pendinginan cair, yang menunjukkan pergeseran menuju operasi pusat data yang lebih efisien dan berkelanjutan.

Tren Utama dalam Industri Pusat Data Asia/Pasifik

Halaman Selanjutnya
img_title