Hal Ini Bisa Bikin WhatsAppmu Rawan Dibajak. Simak Selengkapnya!

WhatsApp
WhatsApp
Sumber :
  • Pixabay

Teknodaily – Akhir-akhir ini, jagat maya di Indonesia diramaikan dengan adanya kejahatan cyber yang dilakukan oleh pihak tertentu.

Bahkan, seperti yang sempat dikabarkan oleh beberapa portal berita, ancaman kejahatan pun sempat dialami oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Ada hacker yang mengancam akan membocorkan sejumlah data milik orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Upaya kejahatan melalui dunia maya sendiri memiliki ragam cara. Ada yang melakukan tindak pengelabuan melalui email, media sosial, aplikasi layanan chat dan masih banyak lagi.

Dan baru-baru ini, CEO CloudSEK, Rahul Sasi menginformasikan bahwa ada upaya tindak kejahatan yang dilakukan pihak tertentu melalui aplikasi layanan chat WhatsApp.

Dilansir dari laman cnbcindonesia.com, Rahul mengingatkan bagi para pengguna WhatsApp untuk lebih berhati-hati dan waspada saat menghubungi nomor tertentu.

Ada beberapa fakta yang ditemukan oleh pihaknya, yang mana penjahat cyber itu melakukan beberapa trik yang dilakukan melalui WhatsApp, untuk melakukan penipuan dan pembajakan. Triknya sendiri adalah, penjahat cyber itu melakukan telepon kepada korbannya dan meminta nomor tertentu.

Dan jika korbannya melakukan panggilan tersebut, maka si pelaku akan meminta si korban untuk menghubungi nomor tertentu.

Ketika si pengguna WhatsApp diminta menguhubungi nomor tertentu dengan kode **67* (berisi 10 digit nomor) atau *405* (berisi 10 digit nomor) dan melakukannya, maka akan membuat akun WhatsApp keluar begitu saja dan si pelaku jadi memiliki kendali penuh atas akun tersebut.

"Dengan cara ini, penyerang menipu kontak WhatsApp korban bahkan sebelum korban menyadari telah kehilangan kendali atas akunnya,"

kata Rahul Sasi, dilansir cnbcindonesia.com yang mengutip dari 91 Mobiles.