Ada Tawaran Akun Instagram Bisa Centang Biru? Hati-hati Phishing

Menghapus Akun Instagram
Menghapus Akun Instagram
Sumber :
  • Pixabay

Teknodaily – Baru-baru ini, jagat maya sedang dihebohkan dengan adanya kabar kampanye phishing yang menyasar para pengguna media sosial Instagram.

Seperti yang dikutip oleh Liputan6.com dari Bleeping Computer pada Jumat (2/9/2022) kemarin, peneliti keamaan di Vade menemukan kampanye phishing dengan menawarkan tanda centang biru kepada para pengguna Instagram.

Phishing atau kampanye phishing sendiri merupakan upaya dari suatu individu atau kelompok untuk mendapatkan informasi data seseorang, dengan menggunakan teknik pengelabuan.

Data-data yang disasar para pelaku phishing adalah data pribadi yang meliputi nama, alamat dan usia.

Selain itu, mereka pun menyasar data akun dan data finansial dari seseorang.

Ketika seseorang mendapatkan tawaran untuk bisa “centang biru” atau memiliki tanda akun yang telah terverifikasi, sekilas hal itu seperti sesuatu yang sangat menggiurkan.

Bagaimana tidak, kebanyakan akun Instagram yang memiliki tanda centang biru itu adalah para tokoh masyarakat, selebritas atau merek-merek dari produk terkenal.

Dari laporan peneliti keamanan di Vade tersebut, pelaku phishing mengirimkan email kepada banyak pengguna Instagram dan memberitahu, bahwa akun para pengguna tersebut sudah memenuhi syarat untuk bisa mendapatkan centang biru.