Apa itu E-SIM serta Kelebihan dan Kekurangannya?

Apa itu E SIM
Sumber :
  • vcgamers

Teknodaily – E-SIM atau Embedded SIM (Subscriber Identity Module) adalah sebuah chip yang terintegrasi dalam perangkat elektronik dan memungkinkan perangkat tersebut untuk terhubung dengan jaringan telekomunikasi tanpa harus menggunakan kartu SIM fisik

Dapat Kritik Segala Arah, Apple Menyerah Buka Akses Distribusi Aplikasi di Uni Eropa

E-SIM memungkinkan pengguna untuk mengubah operator telekomunikasi tanpa harus memasukkan kartu SIM baru, membuat perangkat lebih portabel dan fleksibel.

E-SIM juga memungkinkan operator telekomunikasi untuk memberikan layanan dan manajemen perangkat secara jarak jauh, sehingga mempermudah proses aktivasi dan pengaturan perangkat.

Bisa Ngobrol dengan AI, Ini Spesifikasi Lengkap Smart TV NanoCell LG 43 Inch!

Inovasi E-SIM sendiri sudah dimulai sejak tahun 2003, ketika GSM Association (GSMA) mengeluarkan standar untuk SIM embedded yang bisa diprogram secara jarak jauh.

Namun, penerapan E-SIM baru mulai masuk ke pasar pada tahun 2016, ketika Apple mengumumkan bahwa iPhone 7 dan iPhone 7 Plus akan menggunakan E-SIM. 

Libas Game Berat dengan Chipset Terbaru Qualcomm, Ini Spesifikasi Gahar Realme GT Neo 6 Series

Sejak saat itu, banyak perangkat elektronik seperti tablet, smartwatch, dan modem jaringan nirkabel juga mulai menggunakan E-SIM.

Sekarang ini, banyak operator telekomunikasi di seluruh dunia yang mulai menawarkan layanan E-SIM, memperluas akses dan pilihan bagi pengguna untuk terhubung dengan jaringan telekomunikasi.

Halaman Selanjutnya
img_title