Gara Gara Satu Orang, 27 Juta Orang di India Tidak Bisa Akses Internet

Kochi India
Sumber :
  • freepik

Teknodaily – Mulai Sabtu (18/3/2023) hingga Minggu (19/3/2023). Sekitar 27 juta orang warga Punjab kehilangan akses internet selama dua hari.

Lanjutkan Seri 5G, Samsung Siapkan Galaxy M14 4G, Mulai Rp1 Jutaan!

Alasan pihak berwenang India memutus akses internet seluler dan pesan teks di Punjab, India dikarenakan pihak berwenang tengah berusaha menangkap seorang separatis Sikh dan bersiap menghadapi potensi konflik.

Hal ini menjadi salah satu pemblokiran internet paling luas yang pernah terjadi di India dalam beberapa tahun terakhir (Laporan The Washington Post). 

Noise ColorFit Vivid Call 2: Jam Tangan Pintar Terbaru dengan Fitur Unggulan

Seorang bernama Amritpal Singh yang juga seorang pengkhotbah berusia 30 tahun, menjadi buron dan diincar pihak berwenang.

Singh menjadi tokoh populer dalam gerakan separatis yang berupaya mendirikan negara berdaulat di Punjab yang disebut Khalistan yang padahal gerakan tersebut dilarang di India dan dianggap sebagai ancaman keamanan nasional.

Pendahulu Lunar Link, boAt Hadirkan Ultima Select, Smartwatch Canggih dengan Beragam Fitur Praktis

Dalam upaya untuk mencegah kerusuhan dan membatasi penyebaran berita palsu, otoritas Punjab memblokir layanan internet seluler mulai Sabtu (18/3/2023) siang.

Hal itu dilakukan tak lama setelah otoritas Punjab gagal menangkap Singh ketika dia melewati Punjab bersama iring-iringan pendukung.

Halaman Selanjutnya
img_title