Mariana Yunita Mendobrak Keheningan Edukasi Kesehatan Reproduksi di NTT

Mariana Yunita Hendriyani Opat.
Sumber :
  • Dok. Astra,

Teknodaily – Pembicaraan terbuka tentang kesehatan reproduksi masih dianggap tabu, terutama di Nusa Tenggara Timur (NTT). NTT memiliki jumlah kabupaten tertinggal terbesar kedua di Indonesia dengan akses terhadap pendidikan terbatas. 

Rekomendasi 5 Smartphone High End dengan Kamera Premium Setara DSLR

Pendidikan dan informasi kesehatan reproduksi membuat banyak anak-anak berada dalam risiko mengalami kekerasan seksual. 

Kurangnya edukasi seksual terhadap anak, mendorong Mariana Yunita Hendriyani Opat mendirikan Tenggara Youth Community. Maria membentuk gerakan Bacarita Kespro untuk memberi edukasi mengenai kesehatan seksual dan reproduksi untuk anak remaja dengan metode pembelajaran inovatif seperti mendongeng, permainan edukasi dan penggunaan alat peraga.

Realme GT 7 Pro, HP Fotografi dengan AI Gaming

Kegiatan Bacarita Kespro.

Photo :
  • Dok. Tenggara Youth Community.

Perjuangan Maria, yang juga akrab disapa Tata, diawali oleh pengalaman dirinya yang pernah menjadi korban kekerasan seksual sejak anak-anak hingga masa kuliahnya. 

Paundra Noorbaskoro, Merajut Asa lewat Teknologi IoT di Tambak Udang Vaname

Hal ini mendorong Tata untuk menggaungkan isu-isu mengenai Hak Kesehatan Seksual Reproduksi (HKSR) untuk disosialisasikan kepada masyarakat, khususnya di Kota Kupang. 

"Saat kami membicarakan kesehatan reproduksi banyak yang berpikir kami mempromosikan pornografi atau seks pranikah. Memecah stigma ini adalah tantangan," kata Maria di akun Instagram resmi Tenggara Youth Community @tenggarantt. 

Halaman Selanjutnya
img_title