Google Investasi Gila-gilaan untuk AI Mencapai Rp1,8 Triliun

CEO Google Sundar Pichai.
Sumber :
  • Istimewa.

Teknodaily – CEO Google Sundar Pichai mengumumkan pendanaan baru sebanyak US$120 juta atau sekitar Rp1,8 triliun untuk pendidikan dan pelatihan kecerdasan artifisial (Artificial Intelligence/AI) di seluruh dunia saat berbicara dalam konferensi tingkat tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Profil Vadel Badjideh Pacar Loly yang Dilaporkan Nikita Mirzani

Sebagaimana dikutip dalam siaran TechCrunch, Pichai dalam Konferensi Tingkat Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Masa Depan pada Sabtu 21 September 2024 menyoroti empat peluang besar yang dia lihat pada AI dan pembangunan berkelanjutan.

Peluang besar yang dia maksud yaitu membantu orang mengakses informasi dalam bahasa mereka sendiri, mempercepat penemuan ilmiah, memberikan peringatan dan pemantauan terkait bencana iklim, serta mendorong kemajuan ekonomi.

Review Kamera AI Realme 13 Pro 5G, Bikin Kamu Jadi Fotografer Profesional

Ilustrasi Artificial intelligence (AI).

Photo :
  • Pixabay.

Pichai ingin menghindari "kesenjangan AI" global dan menyampaikan bahwa Google sedang membuat Dana Peluang AI Global senilai US$120 juta.

Apple Intelligence Dirilis Dalam 8 Versi Bahasa Inggris, Intip Fitur Canggihnya

Mengutip Antaranews, pendanaan tersebut akan menyediakan pendidikan dan pelatihan AI di komunitas-komunitas di seluruh dunia bekerja sama dengan organisasi nirlaba dan lembaga swadaya masyarakat lokal.

Pichai juga mengemukakan bahwa "regulasi produk cerdas yang dapat mengurangi kerugian" dan penolakan terhadap dorongan proteksionis nasional diperlukan agar kesenjangan AI tidak melebar dan pemanfaatan AI dapat dioptimalkan.