Cara Cepat Mengatasi "This Account is Not Allowed to Use WhatsApp"
- WA
Teknodaily – Jika muncul pesan atau tulisan "This account is not allowed to use WhatsApp" pastilah menjadi mimpi buruk bagi banyak pengguna, terutama mereka yang sangat bergantung pada aplikasi ini untuk komunikasi sehari-hari atau bisnis. Lantas bagaimana solusinya?
Mari kita bahas penyebabnya dan bagaimana cara cepat mengatasinya.
Apa Arti "This Account is Not Allowed to Use WhatsApp"?
Pesan ini muncul ketika akun WhatsApp Anda diblokir. Anda mungkin juga melihat pesan "Your phone number is banned from using WhatsApp. Contact support for help."
Ketika akun Anda diblokir, Anda tidak dapat mengakses WhatsApp, dan dalam beberapa kasus, blokir ini bisa permanen jika tidak berhasil mengajukan banding. Artinya, Anda akan kehilangan semua kontak dan percakapan di akun tersebut.
Penyebab Akun WhatsApp Diblokir
Ada beberapa alasan mengapa akun WhatsApp bisa diblokir, terutama untuk pengguna WhatsApp Business.
1. Mengirim Pesan Iklan dalam Jumlah Besar
Mengirim pesan iklan secara masif dapat dianggap sebagai spam. WhatsApp menggunakan sistem deteksi untuk memblokir pesan yang berisi terlalu banyak tautan atau kata-kata promosi eksplisit.
2. Mengirim Pesan Otomatis atau dalam Jumlah Besar dalam Waktu Singkat
Menggunakan perangkat lunak pihak ketiga untuk mengirim pesan secara otomatis atau dalam jumlah besar juga mudah terdeteksi oleh sistem WhatsApp. Mengirim pesan yang sama secara manual ke banyak kontak juga bisa menyebabkan blokir.
3. Banyaknya Laporan dalam Waktu Singkat
Akun Anda bisa diblokir jika sering dilaporkan oleh penerima pesan yang merasa terganggu oleh pesan yang Anda kirim.
4. Melanggar Ketentuan Layanan WhatsApp
Mengirim berita palsu, ujaran kebencian, atau pesan yang bersifat ilegal dan diskriminatif akan menyebabkan akun Anda diblokir.
5. Mengirim Pesan Siaran Berlebihan
Menggunakan daftar siaran untuk mengirim pesan terlalu sering bisa menyebabkan penerima melaporkan pesan Anda sebagai spam.
Cara Mengatasi "This Account is Not Allowed to Use WhatsApp Due to Spam"
Jika akun WhatsApp Anda kena banned atau diblokir, berikut beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah ini.
1. Ajukan Banding
Langkah pertama adalah mengajukan banding ke WhatsApp. Pilih kategori akun Anda, apakah itu akun pribadi atau bisnis, dan hubungi dukungan WhatsApp melalui opsi "Contact Us" di aplikasi atau melalui email ke smb_web@support.whatsapp.com jika Anda menggunakan akun WhatsApp Business. Jelaskan alasan mengapa Anda merasa pemblokiran ini adalah kesalahan dan berikan rincian masalah yang Anda hadapi.
2. Tunggu Hasil Banding
Setelah mengajukan banding, Anda harus menunggu hasilnya. Proses ini bisa memakan waktu, jadi bersabarlah.
3. Evaluasi dan Pelajari Kesalahan
Sambil menunggu, refleksikan alasan mengapa akun Anda diblokir untuk mencegah hal ini terjadi lagi di masa depan. Hindari mengirim pesan secara otomatis atau dalam jumlah besar dalam waktu singkat dan jangan terlalu agresif dalam promosi.
Tips untuk Mencegah Akun WhatsApp Diblokir
Agar nantinya tidak terkena banned kembali, sebaiknya cegah dengan melakukan hal ini.
- Batasi jumlah pesan yang dikirim sekaligus dan kirim dalam batch untuk menghindari deteksi spam.
- Personalisasikan pesan Anda dan bangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Jangan terlalu memaksa dalam menjual produk atau layanan Anda. Hindari promosi yang terlalu agresif.
- Untuk bisnis besar yang membutuhkan pengiriman pesan dalam jumlah besar, gunakan API WhatsApp Business resmi. Ini memungkinkan pengiriman pesan yang lebih aman dan efisien, dengan fitur seperti balasan otomatis dan kolaborasi multi-orang.
Dengan memahami penyebab dan solusi dari pesan "This account is not allowed to use WhatsApp due to spam", Anda bisa mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengatasi masalah ini dan mencegahnya terjadi lagi di masa depan.