Cek Kamera Tersembunyi di Penginapan? Mantan Hacker Bagikan Carannya!

Ilustrasi Kamera Tersembunyi
Ilustrasi Kamera Tersembunyi
Sumber :
  • Pixabay

Teknodaily – Tindak kejahatan di era yang serba digital seperti saat ini, makin hari makin beragam saja macamnya.

Mulai dari pencurian uang dengan meretas smartphone seseorang, mencuri data diri untuk diperjual belikan di dunia maya, dan masih banyak lagi.

Selain itu, ada pula tindak kejahatan yang dilakukan oleh pihak tertentu, dengan memasang kamera tersembunyi yang dikendalikan dari jarak jauh, untuk mendapatkan hal-hal bersifat privasi dari seseorang.

Dan hal ini bukanlah sesuatu yang baru beberapa kali terjadi, namun sudah berkali-kali. Banyak orang yang merasa dirugikan akan hal tersebut.

Baru-baru ini, seorang mantan hacker bernama Marcus Hutchins membagikan sebuah cara untuk melakukan pendeteksian kamera tersembunyi, jika seseorang hendak menginap di sebuah penginapan di tempat ia sedang melancong.

Hal itu Marcus Hutchins bagikan melalui akun TikToknya @malwaretech , dan telah ditonton oleh banyak sekali followersnya dari seluruh dunia.

Dalam unggahan tersebut Marcus Hutchins mengatakan, hal pertama yang harus diwaspadai ketika seseorang menginap saat berwisata, yakni kamera yang ditempatkan ke perangkat yang memiliki pandangan luas di kamar.

Misalkan saja seperti alarm kebakaran yang ditempatkan tepat di atas tempat tidur.

Alarm kebakaran tersebut bisa menjadi tempat umum untuk menyembunyikan alat perekam.

"Salah satu cara untuk melihat apakah perangkat itu kamera adalah menyinarinya dengan cahaya terang.

Jika Anda mengenai lensa kamera, itu akan mendapatkan pantulan berwarna biru,"

ujar Marcus Hutchins dilansir dari laman Okezone.com yang mengutip Indy100.

 

Selain itu, ia pun melakukan sebuah demonstrasi, bagaimana caranya untuk memeriksa barang-barang berukuran kecil, yang nampaknya tidak memungkinkan tersimpan kamera tersembunyi.

Contohnya saja seperti jam alarm, pengisi daya USB dan masih banyak lagi.

“Kamera-kamera ini sangat kecil seperti yang Anda lihat di sini, sehingga dapat disembunyikan di mana saja, bahkan di lubang di dinding,”

ungkapnya lagi dalam postingan tersebut.

Buat kalian yang doyan melancong, hati-hati ya saat menginap di suatu tempat. Jangan sampai privasi kalian disebarkan oleh orang-orang yang memiliki maksud jahat.