Dua Hujan Meteor Bakal Memenuhi Langit Bumi, Catat Tanggalnya

Hujan meteor.
Sumber :
  • Pixabay.

Teknodaily – Dua hujan meteor akan mengguyur langit bumi pada akhir Juli ini. Menurut  Royal Observatory Greenwich, hujan meteor Southern Delta Aquarids dan Alpha Capricornids sekaligus akan terlihat di langit bumi. 

Cara Download dan Install Sakura School Simulator Versi Terbaru 2024

Southern Delta Aquarids (SDA) diperkirakan akan terjadi pada 29-30 Juli 2024. Sedangkan puncak hujan meteor Alpha diprediksi terjadi pada 30-31 Juli 2024. 

Hujan meteor sendiri terjadi ketika Bumi melewati jalur orbit komet, yang meninggalkan jejak puing-puing di ruang angkasa.

Daftar Lengkap Harga Terkini iPhone 16, 15, 14, 13

Mereka terbakar dan menghasilkan kilatan cahaya yang sering disebut sebagai meteor atau "bintang jatuh”, saat puing-puing ini memasuki atmosfer Bumi.

Dalam peristiwa hujan meteor ganda ini, akan ada dua jejak komet yang dilintasi oleh Bumi, yakni komet 96P/Machholz, yang menghasilkan Southern Delta Aquariids, dan komet 169P/NEAT, yang menghasilkan Alpha Capricornids.

Samsung Galaxy S25 Ultra Siap Gabung 'Klub Sultan' Bersama Apple iPhone 16

Mengutip VIVA.co.id, menurut Nicholas Moskovitz, seorang astronom dari Observatorium Lowell, hujan meteor ganda ini adalah kejadian yang jarang terjadi.

Alpha Capricornids diperkirakan mencapai puncaknya antara 30 dan 31 Juli 2024, sementara Southern Delta Aquariids akan memuncak sedikit lebih awal, yakni antara 29 dan 30 Juli 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title