7 Penyebab Koneksi VPN Lambat, Jadi Ganggu Internetan

Beberapa penyebab koneksi VPN lambat
Sumber :
  • VPNOverview

Teknodaily – Jika kamu baru saja memasang VPN untuk menambahkan lapisan keamanan ekstra ke jaringan, kamu mungkin kaget saat mengetahui koneksi internetmu jadi lebih lambat daripada biasanya. 

Proton VPN Lakukan Tiga Update Penting

Tapi, benarkah VPN memperlambat internet? Jawabannya adalah iya. Hanya saja tingkat perlambatannya bermacam-macam karena dipengaruhi oleh banyak faktor. Pada dasarnya, VPN bisa memperlambat internet karena adanya proses enkripsi yang digunakan untuk mengamankan data.

Dilansir dari PCWorld, berikut beberapa penyebab koneksi VPN lambat yang dapat mengganggu aktivitas berselancar di internet. 

1. Kecepatan internet

Update Opera Browser di iOS Dibekali Pembaruan AI 

Kecepatan yang ditawarkan penyedia layanan internet (ISP) menjadi dasar pengalaman berselancar di internet, begitu pula saat menggunakan VPN. Kalau kecepatan ISP-nya sudah tinggi, penurunan yang disebabkan oleh VPN sebenarnya tidak akan terlalu signifikan. 

Berbanding terbalik jika kecepatan ISP memang sudah lambat, sudah pasti kecepatan VPN menjadi lebih terasa lambat sehingga menghambat aktivitas online. Dengan kata lain, semakin cepat koneksi ISP, maka penggunaan VPN juga tetap lancar. 

2. Tingkat enkripsi yang digunakan

Halaman Selanjutnya
img_title
Rekomendasi 9 VPN Gratis Terbaik 2024 untuk Buka Situs yang Diblokir