Facebook Gaming Bakal Ditiadakan? Loh, Kok Bisa?

Facebook Gaming
Facebook Gaming
Sumber :
  • jurnalapps.co.id

Teknodaily – Facebook Gaming, merupakan salah satu platform atau layanan di bawah asuhan Meta Platforms Inc.

Platform ini sendiri memberi kesempatan kepada para penggemar game atau gamaers, untuk bisa bermain game sembari menyuguhkan tayangan video live streaming. Layaknya platform lain seperti Twitch, Mixer dan Youtube Gaming.

Facebook Gaming sendiri pertama kali diluncurkan pada tahun 2018 lalu, dan benar-benar diperkenalkan kepada publik dunia pada pertengahan tahun 2020 lalu.

Namun, dua tahun berselang setelah diperkenalkannya platform tersebut, kabar kurang sedap dikabarkan oleh Meta sendiri.

Pada 28 Oktober 2022 mendatang, Facebook Gaming akan ditiadakan atau ditutup untuk versi Android dan iOS.

Padahal, setelah kami melakukan penelusuran melalui Google Play Store, aplikasi ini bisa terbilang sebagai salah satu platform yang mendapatkan banyak penilaian bagus dari banyak orang.

Sampai tulisan ini dibuat pada Senin (5/9/2022), aplikasi Facebook Gaming rata-rata mendapatkan penilaian lebih dari bintang empat, dan telah diulas oleh lebih dari 200 ribu ulasan.

Dilansir dari laman detik.com yang mengutip dari The Verge, pihak Meta atau Facebook menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua orang yang sempat meramaikan platform Facebook Gaming selama dua tahun terakhir ini.  

"Kami ingin menyampaikan terima kasih yang tulus kepada kalian semua, atas semua yang telah kalian lakukan untuk membangun komunitas yang berkembang untuk gamer dan penggemar sejak aplikasi ini pertama kali diluncurkan. Ini benar-benar upaya yang dipimpin oleh komunitas untuk menghadirkan fitur game baru ke Facebook,”

tulis dalam keterangannya pada Jumat (2/9/2022) kemarin.

Selama perjalanannya, Facebook sudah menggelontorkan uang dengan jumlah yang tidak sedikit.

Untuk bisa mengembangkan platform ini, mereka pun bahkan sampai berinvestasi dengan menggaet sejumlah nama kreator secara eksklusif.

Di antaranya seperti DisguisedToast, Neymar Jr. dan Grand Theft Auto Ramee.

Dan ternyata, bukan Facebook saja yang mengalami kegagalan untuk bersaing di segmen game live streaming.

Sebelumnya pun ada beberapa platform sejenis yang mengalami hal serupa. Salah satunya adalah layanan Mixer dari Microsoft.

Walaupun Facebook Gaming ini sudah tidak bisa diakses lagi melalui aplikasi Android maupun iOs mulai Oktober 2022 mendatang, platform tersebut masih bisa dinikmati para gamers lewat web browser.