Google Akan Menutup Stadia Dalam Waktu Dekat!

Google Stadia
Google Stadia
Sumber :
  • idlegionoob

Teknodaily – Kabar yang kurang mengenakan datang dari Google, di mana dalam waktu dekat mereka akan menutup salah satu layanannya. Layanan tersebut bernama Stadia.

Stadia sendiri merupakan layanan game streaming milik Google yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2019 lalu.

Stadia diluncurkan oleh Google kala itu, sebagai alternatif dari video game konsol seperti Xbox milik Microsoft, dan PlayStation milik Sony.

Dengan menggunakan Stadia, pengguna tidak perlu merogoh kocek isi dompetnya hanya untuk membeli mesin video game.

Dilansir dari laman cnbcindonesia.com yang mengutip dari Reuters pada hari ini, Jumat (30/9/2022), Vice President dan General Manager Stadia, Phil Harrison menuturkan, layanan ini akan resmi ditutup mulai 18 Januari 2023 mendatang.

Itu artinya, para pengguna layanan ini hanya memiliki waktu beberapa bulan lagi untuk bisa menikmati beragam fitur yang ada di dalam Stadia.

"Walaupun pendekatan Stadia ke game streaming dibangun dengan fondasi teknologi yang kuat, pertumbuhan penggunanya di bawah ekspektasi kami,"

ungkap Phil Harrison.

Lanjut Phil, pihaknya akan mengembalikan uang para pengguna yang digunakan untuk membeli perangkat keras Stadia melalui Google Store, dan juga konten game lewat toko Stadia.

Salah satu penyebab layanan game streaming ini ditutup sendiri adalah, akibat lambatnya perkembangan dalam layanan tersebut.

Hal itu bisa dilihat pada tahun 2021 lalu, di mana Google menghentikan pengembangan game internal untuk Stadia, sehingga membuatnya harus bergantung sepenuhnya kepada perusahaan lain yang mengembangkan dan menerbitkan video game.

Selain itu, ada faktor lain yang membuat hal tersebut terjadi, yaitu dengan adanya pandemi covid 19, yang membuat pertumbuhan industri game mengalami perlambatan dalam pertumbuhan.