Penyebab Kebanyakan HP Samsung Baterainya Dikenal Awet

Samsung Galaxy M12, HP RAM 3GB Murah Hemat Daya
Sumber :
  • Blibli

Teknodaily –  Banyak pengguna HP Samsung yang menyadari bahwa baterai pada perangkat mereka cenderung tahan lama, baik untuk penggunaan sehari-hari maupun aktivitas berat seperti gaming atau multitasking.

Daftar Harga HP Samsung Mulai dari Termahal Galaxy Z Fold 6 Sampai Termurah A05

Faktor ini bukan hanya karena kapasitas baterai yang besar, tetapi juga karena optimalisasi yang dilakukan oleh Samsung terhadap perangkat keras (hardware) dan perangkat lunaknya (software). Berikut ini beberapa alasan utama kenapa baterai HP Samsung terkenal awet.

Optimalisasi Software yang Tidak Membebani Hardware

Samsung dikenal melakukan optimalisasi yang baik antara perangkat keras dan lunak di ponselnya. Salah satu kunci penting dari baterai yang awet adalah software yang efisien. Samsung menggunakan One UI, antarmuka pengguna (UI) yang berjalan di atas sistem operasi Android.

Kenapa HP Samsung Terkadang Kena "Light Saber"?

One UI ini dirancang agar berjalan lebih ringan dan efisien, sehingga tidak membebani prosesor dan RAM secara berlebihan. Dengan software yang lebih ringan dan dioptimalkan, penggunaan daya dapat dikontrol lebih baik, yang pada akhirnya membuat baterai lebih tahan lama.

Kontrol Suhu yang Terjaga

Baterai akan lebih cepat habis jika perangkat bekerja terlalu keras dan suhu perangkat menjadi panas. Samsung menyadari hal ini dan menggunakan mekanisme kontrol suhu yang baik pada perangkatnya. Samsung membatasi performa perangkat keras seperti CPU dan GPU saat suhu mulai meningkat, sehingga suhu tetap stabil dan tidak cepat panas. Pengendalian suhu yang baik ini juga berkontribusi pada keawetan baterai, karena baterai tidak perlu mengeluarkan daya ekstra untuk menjaga performa saat suhu tinggi.

Halaman Selanjutnya
img_title
Jenis-jenis Kostum Unik SAKURA School Simulator APK Mod V1.029.4