Monopoli Sony Berakhir, Samsung Suplai Sensor Kamera iPhone 18

Dominasi sensor kamera Sony di Iphone berakhir.
Sumber :
  • Pexels

Teknodaily – Monopoli Sony dalam penyediaan kamera sensor untuk Apple nampaknya akan segera berakhir. Samsung disebut bakal menyuplai sensor kamera untuk iPhone 18. 

Bocoran 4 Warna HP Samsung Galaxy S24 FE

Kabar tersebut disampaikan oleh analis tren industri teknologi Ming-Chi Kuo, melalui cuitan di X pada 24 Juli 2024. Dikatakan Kuo, Apple akan membeli sensor kamera dari Samsung untuk iPhone 18 yang diperkirakan akan rilis pada 2026 mendatang. Sensor yang dimaksud adalah sensor 48 MP 1/2,6" yang akan digunakan untuk kamera ultrawide.

Bahkan Samsung disebut telah membentuk tim khusus untuk melayani kebutuhan Apple tersebut. Rumornya juga kontrak telah ditandatangani.

Pukulan bagi Sony

Apple Watch Series 10 Bakal Dilengkapi Pendeteksi Gangguan Pernafasan Saat Tidur

Bila rumor tersebut benar terjadi maka hal ini menjadi pukulan bagi Sony yang selama ini menyuplai kebutuhan Apple itu. Kurang lebih Sony telah menjadi satu-satunya pemasok sensor kamera bagi iPhone selama lebih dari satu dekade.

Jika benar Apple nantinya mulai menggunakan sensor kamera Samsung pada tahun 2026, maka berarti berakhir sudah era Sony sebagai pemasok tunggal sensor kamera iPhone.

Termurah, Harga iPhone 11 Mulai Rp2 Jutaan

Sony sendiri sudah menjadi penyuplai utama bagi sensor kamera iPhone selama ini. Hal itu juga pernah diutarakan oleh CEO Tim Cook pada tahun 2022. Produk sensor Sony dipakai seperti untuk iPhone 6 dan iPhone 8.

Halaman Selanjutnya
img_title