Sering Menatap Gadget? Hati-hati Bahaya Computer Vision Syndrome!

Bahaya Computer Vision Syndrome!
Bahaya Computer Vision Syndrome!
Sumber :
  • Pixabay

Teknodaily – Di antara kamu, apakah ada yang mengenal istilah Computer Vision Syndrome (CVS)? Dari namanya sendiri, kedengarannya agak menyeramkan, ya?

Jadi, sindrom ini sendiri bisa terbilang cukup berbahaya, terutama bagi orang-orang yang menghabiskan waktunya bersama gadget. Seperti komputer, tablet, handphone dan lainnya.

Melansir laman tribunnews.com, seorang pakar kesehatan bernama dr. Monica Sari Gunawan memaparkan beberapa hal mengenai CVS ini.

dr. Monika mengakatakan, CVS sendiri merupakan kumpulan gejala yang mampu mengganggu mata atau pengilahatan seseorang, ketika ia terlalu banyak menghabiskan waktunya di depan layar gadget.

Terlalu banyak beraktivitas di depan gadget akan membuat mata dan otot mata bekerja lebih keras.

“Pada era serba elektronik seperti saat ini, penggunaan gadget dalam aktivitas sehari-hari tidak dapat dihindari.

Ditambah adanya pandemi Covid-19 yang membuat kita untuk tetap tinggal di rumah, secara tidak langsung memaksa, baik orang dewasa maupun anak-anak untuk menggunakan media elektronik dalam waktu yang lama, sehingga kasus CVS pun banyak ditemukan,"

ungkapnya, Sabtu (1/10/2022).

Lanjut dr. Monica, ada beberapa gejala yang bisa dirasakan oleh seseorang ketika mengalami kondisi CVS ini.

Di antaranya seperti mata cepat lelah, nyeri kepala, mata kering, penglihatan buram, hingga nyeri pada leher dan pundak

"Seseorang mengalami gejala CVS bergantung pada kemampuan visual dan banyaknya waktu yang dihabiskan untuk melihat layar.

Masalah visus yang tidak terkoreksi dengan baik, seperti mata minus dan silinder, ketidakmampuan mata untuk fokus dan berkoordinasi, serta perubahan mata karena proses penuaan, dapat memicu munculnya gejala CVS,"

tambahnya.

Buat kamu yang sering di depan layar gadget, sebaiknya lebih hati-hati, ya?