iPhone 14 Tidak Bisa Pakai SIM Card. Terus Gimana? Ini Penjelasannya!

iphone 14
iphone 14
Sumber :
  • macrumors.com

Teknodaily –  Selain dikembangkan dari sisi teknologi, ada salah satu hal yang begitu membedakan antara seri iPhone 14 dengan seri-seri sebelumnya.

Perbedaan itu bisa dilihat dari tidak adanya slot SIM Card pada setiap varian iPhone 14. Entah itu untuk iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro maupun iPhone 14 Pro Max.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com, VP Pemasaran iPhone Apple, Kaiann Drance menyebutkan, tidak adanya slot SIM Card pada seri iPhone 14 memang disengaja oleh pihaknya.

Nantinya, para pengguna seri iPhone terbaru ini akan beralih menggunakan eSIM, atau bisa dibilang SIM Card elektronik yang tertanam di dalam smartphone tersebut.

Pertimbangan mengapa hal ini dipilih oleh pihaknya, karena eSIM akan membuat perangkat iPhone pengguna jadi lebih aman. Jika suatu hari iPhone dari pengguna itu hilang, tidak ada satu orang pun yang bisa mengeluarkan eSIM tersebut.

"Dengan eSIM anda dapat dengan cepat mentransfer paket seluler yang ada atau mendapatkan paket seluler baru, semuanya secara digital,"

tutur Kaiann Drance.

Untuk bisa melakukan hal itu, pengguna seri iPhone 14 harus menghubungi atau mendatangi pihak operator selular untuk mengganti SIM Card fisik menjadi eSIM.

Mimpi Besar Steve Jobs Terwujud Setelah 15 Tahun

Dengan dirilisnya seri iPhone 14 tanpa adanya slot SIM Card, bisa dibilang merupakan salah satu mimpi besar pendirinya, Steve Jobs pada produk iPhone. Dan mimpi itu baru bisa terwujud setelah produk ini berada di tengah masyarakat selama 15 tahun terakhir ini.

Sejak dulu, Steve sangat menginginkan untuk tidak ada satu pun lubang yang terdapat pada iPhone, atau bisa dikatakan juga dengan istilah portless.

Mengutip laman Kompas.com, SVP Divisi iPod di Apple, Tony Fadel mengatakan, sejak dikembangkannya iPhone sebagai salah satu produk dari Apple, Steve sangat menolak dan menentang tentang keberadaan slot SIM Card.

“Kami tidak ingin ada lubang lain di dalam iPhone,” kata Steve pada insinyur dan desainer yang mengerjakan iPhone kala itu.

Namun, walaupun tidak terwujud saat itu juga, pada akhirnya mimpi besar Steve Jobs pun bisa terwujud hari ini. Wah, senangnya.

Hanya di Pasar Amerika Serikat

Buat kamu yang punya rencana untuk mengadopsi salah satu varian dari iPhone 14, jangan khawatir dengan adanya kabar iPhone 14 tanpa ada slot SIM Card. Karena, untuk seri iPhone 14 yang menggunakan eSIM, hanya untuk pasar Amerika Serikat saja.

Jadi, untuk beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia, Singapura dan lainnya, semua varian dari iPhone 14 masih memiliki slot SIM Card.