Begini Performa Snapdragon 8 Gen 4 yang Disebut Setara MediaTek Dimensity 9400

Snapdragon
Sumber :
  • Snapdragon

Teknodaily – Kehadiran Snapdragon 8 Gen 4 yang digadang-gadang bakal rilis pada bulan Oktober tahun ini mulai bermunculan bocorannya. Selain rumor smartphone Xiaomi seri 15 yang bakal pertama kali menggunakannya, ada juga laporan lain yang menunjukkan performa GPU ini. 

Oppo Find N5 Bakalan Jadi HP Lipat Pertama dengan Snapdragon 8 Gen 4

Dalam hasil Geekbench seperti dilansir dari GSMArena terlihat bagaimana performa SoC ini. Dari hasil uji prosesor Snapdragon 8 Gen 4 terlihat hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan pendahulunya, Snapdragon 8 Gen 3. 

Lonjakan Performa

Dalam rincian hasil pengujian menghasilkan skor multi-core 8.840 poin dan skor single-core 2.884 poin. 

Rumornya Samsung Galaxy S25 Eksklusif Memakai Snapdragon 8 Gen 4

Sebagai perbandingan, kita bisa coba gunakan Xiaomi 14 dengan Snapdragon 8 Gen 3 sebagai acuan perbandingannya. Pada skor pengujian tersebut, Xiaomi 14 Multi-core menghasilkan 6.810 poin dan pada single-core adalah 2.125 poin. 

Dengan begitu peningkatan performa dari Snapdragon 8 Gen 3 ke Snapdragon 8 Gen 4 terlihat cukup signifikan. Pada peningkatan performa multi-core mencapai hampir 30% dan untuk peningkatan single-core hingga 35%.

Xiaomi Bakal Luncurkan Smartphone Tanpa Tombol Tahun Depan

Desas-desus menyebutkan bahwa Qualcomm menggunakan arsitektur CPU Nuvia buatan sendiri untuk klaster CPU-nya dengan konfigurasi 2+6, dimana untuk klaster Utama (2 core) dijalankan pada kecepatan 4.09 GHz; dan klaster efisien (6 core) dijalankan pada kecepatan 2.78 GHz. Nantinya GPU yang digunakan adalah Adreno 830, dan seluruh chip dibuat dengan proses fabrikasi 3nm dari TSMC.

Halaman Selanjutnya
img_title