Data Penjualan Smartphone Naik, Xiaomi Tumbuh Kencang 22 Persen

Mi mencatat pertumbuhan tercepat pada kuartal kedua tahun ini.
Sumber :
  • Counterpointresearch

Teknodaily – Xiaomi menjadi merek smartphone dalam lima besar yang tumbuh paling cepat pada Q2 2024 dengan mengalami pertumbuhan 22%. Popularitas seri Redmi 13 dan Note 13 ditambah dengan portofolio produk yang lebih ramping dan dorongan premium yang lebih kuat, membantu Xiaomi meningkatkan pangsa pasar +2% YoY di Q2. 

Daftar Lengkap Harga Terkini iPhone 16, 15, 14, 13

Seperti terlihat pada rilis data counterpointresearch, pertumbuhan penjualan tercepat itu diikuti oleh vivo di peringkat kedua dengan kenaikan 9%. Bahkan vivo menempati posisi teratas di dua pasar smartphone terbesar di dunia yaitu China dan India pada Q2. 

Pasar Smartphone Global Tumbuh Tertinggi dalam 3 Tahun Terakhir

Pasar smartphone dunia mengalami pertumbuhan 6 persen YoY pada Q2 2024. Hal ini menunjukkan tanda-tanda pemulihan dengan peningkatan penjualan YoY (Year-over-Year) untuk ketiga kalinya berturut-turut di Q2 2024. 

Samsung Galaxy S25 Ultra Siap Gabung 'Klub Sultan' Bersama Apple iPhone 16

Sebelumnya, pertumbuhan HP sempat turun mulai Q3 2021 dan tekanan itu terus berlanjut hingga Q3 2022. Namun sejak Q3 2023, penjualan HP dunia mengalami episode positif. 

Perlu diketahui, berdasarkan data pada Q2 ini merupakan pertumbuhan YoY tertinggi sejak Q2 2021, dengan hampir semua wilayah menunjukkan peningkatan penjualan.

Kabar Buruk, Samsung Bakal PHK 30 Persen Karyawannya di Luar Negeri

Adapun untuk merek-merek top dalam pasar smartphone tetap sama seperti kuartal sebelumnya. Samsung mempertahankan posisi nomor satu, sementara Apple mengalami sedikit penurunan YoY dan Xiaomi tumbuh paling cepat di antara lima besar produsen. vivo memimpin di dua pasar smartphone terbesar di dunia, yaitu China dan India, diikuti oleh OPPO yang menempati posisi kelima.

Halaman Selanjutnya
img_title