Cara Tanggapi Pesan Tak Dikenal Berisi Kode Autentifikasi, Jika Tidak Hati-hati Data Bisa Bobol

Phishing.
Sumber :
  • Pixabay.

Teknodaily – Saat ini banyak modus peretasan dengan mengirim pesan singkat tak dikenal. Jika tidak hati-hati Anda, data anda bisa diretas bahkan rekening mobile Anda dapat dibobol dan uang yang dicuri. 

Lalu, apa yang harus dilakukan jika Anda menerima pesan teks tak dikenal? Umumnya peretas akan mengirim pesan berisi kode autentikasi dua faktor dari layanan yang belum pernah Anda daftarkan?

Jika itu terjadi Kaspersky memberikan tips cara menanggapi pesan tersebut. Ada tiga alasan mengapa situasi ini bisa terjadi:

Ilustrasi Hack

Photo :
  • Pixabay

1.    Upaya peretasan. Peretas entah bagaimana telah mempelajari, menebak, atau mencuri kata sandi dan sekarang mencoba menggunakannya untuk mengakses akun Anda. Anda telah menerima pesan yang sah dari layanan yang mereka coba akses.

2.    Persiapan untuk peretasan. Peretas telah mempelajari kata sandi atau mencoba mengelabui  Anda agar mengungkapkannya, dalam hal ini pesan OTP merupakan bentuk phishing. Pesan tersebut palsu, meskipun mungkin terlihat sangat mirip dengan pesan asli.

3.    Hanya kesalahan. Terkadang layanan daring diatur untuk terlebih dahulu meminta kode konfirmasi dari pesan teks, lalu kata sandi, atau mengautentikasi hanya dengan satu kode.