Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Digerakkan

Layar HP tidak bisa digerakkan
Sumber :
  • Look Digital

Teknodaily – Mungkin Anda pernah mengalami masalah di mana layar sentuh HP tiba-tiba tidak bisa digerakkan, padahal sebelumnya berfungsi dengan normal. Kondisi seperti ini, di mana layar terasa "ngebeku" atau tidak merespons sama sekali, bisa sangat mengganggu. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasinya. 

Berikut Tekno Daily jelaskan langkah efektif yang bisa membantu mengembalikan fungsi layar sentuh seperti semula.

1. Restart HP Anda

Langkah pertama dan paling sederhana adalah restart HP Anda. Ketika layar sentuh tiba-tiba tidak berfungsi, seringkali ini disebabkan oleh sistem yang mengalami kesalahan atau crash ringan. Restart dapat membantu mengembalikan sistem ke kondisi normal.

Cara restart adalah dengan tekan dan tahan tombol daya hingga muncul opsi untuk mematikan atau me-restart perangkat. Pilih Restart dan biarkan HP Anda memulai ulang.

Jika layar benar-benar beku dan tidak merespons sentuhan sama sekali, coba lakukan force restart. Caranya berbeda-beda tergantung tipe HP, tetapi umumnya melibatkan kombinasi tombol seperti tombol daya dan tombol volume turun yang ditekan secara bersamaan selama beberapa detik.

2. Bersihkan Layar dan Lepaskan Pelindung Layar