Kenali Apa Itu VPN, Fungsi dan Cara Kerjanya

Mengenal apa itu VPN
Sumber :
  • https://bte-jkt.telkomuniversity.ac.id/

Teknodaily – Apa itu VPN? Virtual Private Network atau dikenal sebagai VPN adalah salah satu ekstensi sangat penting untuk pengguna internet. Salah satu manfaatnya yaitu menjamin keamanan pada laptop, PC, tablet, smartphone, maupun perangkat lainnya. Saat menggunakannya, semua data-data yang ditransfer via jaringan internet akan dienkripsi.

Dengan kata lain, semua aktivitas online, seperti membuka situs, menonton film, atau lainnya aman dari pencurian data maupun penyadapan. Ditambah lagi saat kamu sedang memakai jaringan publik, VPN juga akan melindungi di setiap pengiriman data. 

Daripada penasaran terus, berikut kenal lebih dekat apa itu VPN.

Apa Itu VPN?

Seperti yang sudah sempat dijelaskan, VPN termasuk tool atau ekstensi yang sangat efektif melindungi privasi saat berseluncur di dunia maya. Dengan kata lain fungsinya untuk memberikan keamanan pada privasi data sekaligus anonim ketika memakai jaringan publik. 

Alamat IP pengguna tidak akan terlihat dan data yang ditransfer dilindungi, sehingga hanya pihak atau situs tujuan yang bisa membaca informasi penggunanya. Jadi, VPN ampuh menjaga keamanan privasi ketika membuka situs-situs apa pun.