Lagi-lagi Apple Bikin Gebrakan Baru

Bocoran penampakan iPhone 17
Sumber :

TeknodailyApple terus melakukan inovasi teknologi pada produknya. Kabar terbaru perusahaan ponsel pintar asal Amerika Serikat itu akan meluncurkan chip berukuran dua nanometer (2nm) pada tahun depan, tepat pada peluncuran iPhone 17 series.

Laporan terbaru dari GSM Arena, mengungkapkan bahwa chip tersebut mungkin dibuat oleh TSMC yang telah lama menjadi mitra Apple dalam pembuatan chip.

Digadang-gadang semua kapasitas 2nm dari TSMC telah dipesan seluruhnya oleh perusahaan asal Cupertino, AS itu.

Meski begitu karena masih adanya keterbatasan dalam produksi chip pada arsitektur chip 2nm maka nantinya chip tersebut hanya akan diluncurkan terbatas di seri iPhone 17 Pro yang terdiri dari iPhone 17 Pro dan iPhone 17 Pro Max.

Laporan yang sama menyebutkan TSMC telah mendemonstrasikan produk baru chip 2nm-nya itu namun perusahaan tidak bisa secara mandiri mengerjakannya untuk terpasang di ponsel.

Maka dari itu perusahaan masih membutuhkan bantuan pemasok lain untuk mengemas chip tersebut agar siap dipasang di telepon pintar.

Para mitra yang diajak berkolaborasi di antaranya memegang peranan pemasok bahan, peralatan, kecerdasan silikon (IP), dan otomatisasi desain elektronik (EDA) yang membuat pembuatan chip 2nm ini secara bertahap berkembang menjadi situasi persaingan pertarungan kelompok.