Kemitraan GoTo dan TikTok untuk Dorong Pertumbuhan E-commerce Indonesia
- pixabay
Teknodaily – GoTo dan TikTok secara resmi menjalin kemitraan strategis untuk mendorong pertumbuhan sektor e-commerce di Indonesia.
Pengumuman ini menegaskan bahwa TikTok Shop akan diintegrasikan dengan Tokopedia di bawah PT Tokopedia.
Dalam upaya untuk mendukung ekosistem bisnis, TikTok berkomitmen dengan investasi melebihi US$1,5 miliar atau lebih dari Rp24 triliun untuk jangka panjang.
Kemitraan ini, yang diawali dengan periode uji coba, menunjukkan bahwa TikTok akan mengambil alih pengendalian atas PT Tokopedia.
Investasi dari TikTok tidak akan berdampak pada kepemilikan GoTo di Tokopedia. Tahap uji coba ini juga akan menandai peluncuran kampanye "Beli Lokal," yang bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional.
Program ini akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia. Sebagai bagian dari kesepakatan strategis ini, kedua perusahaan akan berfokus pada memberikan manfaat yang lebih besar bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.
Dengan lebih dari 90% dari merchant yang terlibat merupakan pelaku UMKM, program dukungan akan mencakup berbagai inisiatif, termasuk promosi produk lokal, pelatihan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi UMKM, serta bantuan pemasaran dan branding.