YouTube Shorts Kini Lebih Panjang, Durasi hingga 3 Menit 

Logo Youtube Shorts
Sumber :
  • Youtube

Teknodaily – YouTube Shorts, fitur video singkat dari YouTube yang dirancang untuk bersaing dengan platform seperti TikTok dan Instagram Reels, akan mengalami perubahan signifikan. Mulai 15 Oktober, pengguna dapat membuat video Shorts dengan durasi hingga 3 menit. Ini adalah fitur yang banyak diminta oleh pengguna, dan sekarang akan segera tersedia.

Durasi Lebih Panjang untuk Kreativitas Lebih Bebas

Dengan penambahan durasi ini, kreator akan memiliki lebih banyak ruang untuk mengekspresikan ide mereka. Sebelumnya, YouTube Shorts hanya mengizinkan video dengan durasi hingga 60 detik, namun kini batas tersebut diperpanjang hingga 3 menit. Tentunya, perubahan ini tidak akan memengaruhi video yang diunggah sebelum 15 Oktober. 

Durasi yang lebih panjang ini berlaku untuk video dengan rasio aspek persegi atau lebih tinggi, seperti format vertikal yang umum digunakan untuk Shorts.

YouTube juga berencana untuk meningkatkan rekomendasi konten untuk Shorts yang lebih panjang "dalam beberapa bulan ke depan", sehingga konten-konten baru ini bisa lebih mudah ditemukan oleh audiens yang tepat.

Fitur Baru: Template dan Remix Video

Selain peningkatan durasi, YouTube juga menghadirkan fitur baru berupa Template. Kreator kini dapat mencoba menggunakan template dengan mengetuk opsi "Remix" pada sebuah Short dan memilih "Use this template".